Tips Umum Sebelum Berangkat ke Tanah Suci untuk Ibadah Haji dan Umroh

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat islam jika memiliki kemampuan yang cukup. Pelaksanaannya mirip dengan ibadah haji. Bedanya ibadah umroh ini bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Maka dari itu disebut ibadah ini dengan ibadah haji kecil. Banyak aktivitas dilakukan ketika seseorang menjalankan ibadah umroh. Kegiatan itu diantaranya penyelesaian administrasi berikut pelunasan biaya yang terhutang hingga sampai melakukan melaksanakan manasik.

Bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh, ada beberapa tips yang semoga saja bisa membantu anda untuk beribadah segera terlaksana tanpa mengurangi kekhusyukan. Berikut ini tips-tipsnya.

  1. Membaca dan mendalami lagi berbagai buku tentang haji dan umroh. Anda jangan cepat puas dan paham dengan informasi yang didapat dari bimbingan haji maupun manasik saja.
  2. Sebelum berangkat baca buku panduan yang dikeluarkan oleh Departemen Agama. Lebih tepat lagi jika di bulan puasa anda mendalami buku tersebut, selain itu doa-doa mana yang bisa dihafal dengan baik dihafalkan, jangan sampai anda membacanya ketika sampai di tanah suci.
  3. Bila masih memiliki pertanyaan atau hal yang meragukan berkaitan dengan pelakasanaan ibadah haji maupun umroh anda bisa langsung menanyakannya sebelum berangkat ke tanah suci. Jangan dipendam dan baru ditanyakan ketika sampai di tanah suci. Karena jika hal tersebut anda lakukan maka anda akan bingung dan banyak sekali silang pendapat.
  4. Tidak setiap saat pembimbing akan mendampingi anda. Maka dari itu selebihnya anda harus merencanakan aktivitas anda sendiri sebaik-baiknya.
  5. Perbanyak sholat taubat, tahajud, dhuha, serta sholat sunat lainnya sebelum berangkat dengan tujuan memohon supaya dosa dan aib yang dimiliki ditutup dan diampuni Allah ketika berada di tanah suci.

Demikianlah tips yang bisa anda ketahui berkaitan sebelum anda berangkat ke tanah suci. Baik ibadah haji maupun umroh tentu keduanya sama-sama bentuk ibadah yang harus dilakukan dengan khusyuk. Jangan sampai anda memiliki tujuan tertentu dari ibadah yang anda lakukan untuk mengurangi nilai ibadah anda.

sumber: http://www.manasik.co.id/?m=content&id=140

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *