Segarnya Bermain Air di Kedung Pedut Kulonprogo, Yogyakarta

rental bus wisata jogja

Kulonprogo diberkahi berbagai macam objek wisata alam yang seakan tidak pernah ada habisnya. Sukses dengan Desa Wisata Kalibiru, pemda Kulonprogo pun semakin bersemangat untuk mengembangkan objek wisata berbasis alam lainnya di kawasan tersebut. Salah satu objek wisata yang sedang gencar dipromosikan salah satunya adalah Kedung Pedut. Tempat wisata ini adalah wisata alam berupa air terjun yang berpadu dengan kolam-kolam alami dibawahnya. Kedung Pedut dianggap sebagai water park atau taman air alami satu-satunya yang ada di Jogja.

Kedung merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang bermakna kolam atau genangan air yang cukup dalam. Kawasan wisata ini bernama Kedung Pedut karena di sini terdapat kolam-kolam alami yang mana terdapat  sebuah air terjun yang mengalir diatasnya. Yang menarik adalah  warna air kolam yang biru kehijauan sehingga membuat pemandangan di tempat ini begitu menyejukkan mata. Setiap kolam tersebut mempunyai kedalaman yang berbeda-beda dari satu meter hingga empat meter. Kolam yang ada pun diberi nama berbeda-beda dan Kedung Pedut merupakan nama rai kolam yang paling besar sehingga menjadi nama dari kawasaan wisata ini. Air terjunnya pun diberi nama yang sama yaitu Air Terjun Kedung Pedut.

Pemda setempat pun mulai gencar mempromosikan keindahan wisata alam ini sehingga banyak pengunjung yang datang. Pengelola dan masyarakat sekitar juga berperan aktif dengan menyediakan berbagai macam fasilitas umum agar pengunjung dapat berwisata dengan tenang. Pengunjung yang datang di Kedung Pedut bisa menikmati pemandangan alam yang ada di kawasan ini. Jika mereka tertarik mereka bisa mandi di salah satu kolam yang ada di sini. Jika tidak ingin basah-basahan mereka bisa menikmati segarnya udara Pegunungan Menoreh.

Lokasi Kedung Pedut:

Kedung Pedut berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Untuk sampai ke lokasi ini diperlukan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam mengunakan kendaraan pribadi dari pusat kota. Bagi pemgumjumg yang ingin berlibur di kawasan ini bisa menghubungi rental bus wisata jogja jika ingin mengunakan bus sebagai alat transportasinya.

Tips wisata Kedung Pedut:

  1. Bawalah baju basah jika ingin mandi di kawasan ini.
  2. Bawa baju yang sesuai dengan kawasan pegunungan.
  3. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk berjalan di jalan yang tidak mulus.
  4. Jangan lupa mengabadikan setiap momen di lokasi ini.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata Kedung Pedut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *