Sebelum Mudik, Cek Komponen Berikut Pada Kendaraan Anda

Tanpa kita sadari sekarang ini kita sudah bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Bulan terbaik yang sangat dinantikan umat Islam seluruh dunia. Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, saat menjelang lebaran sudah banyak yang mempersiapkan beragam keperluan untuk pulang kampung bertemu sanak saudara. Hal ini merupakan tradisi yang tidak akan pernah bisa dihapuskan.

cek komponen kendaraan

Pada umumnya, masyarakat Indonesia lebih senang menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum untuk digunakan pulang kampung. Mereka berpendapat lebih nyaman, mudah dan efisien dengan menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Selain identik dengan jarak tempuh yang jauh, mudik juga sangat identik dengan kemacetan super panjang, jalanan yang semrawut dan kelalahan. Maka anda dituntut dalam kondisi yang sangat prima saat menempuh perjalanan ke kampung halaman. Begitu juga dengan kendaraan harus dalam kondisi yang prima pula. Beruntung untuk anda yang tahun ini sudah menggunakan mobil Toyota Sienta untuk pulang kampung. Pasalnya mobil tersebut memiliki beragam fasilitas hiburan dan dirancang untuk menempuh perjalanan yang membutuhkan waktu panjang. Selain itu Toyota Sienta termasuk mobil yang irit bbm sehingga anda tidak perlu menyipakan dana terlalu besar dalam hal bahan bakar.

Bagi anda yang tahun ini mudik menggunakan mobil pribadi, cek komponen berikut ini yuk sebelum mulai perjalanan.

Periksa System Pengereman
Komponen yang satu ini memiliki perang yang sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap keamanan anda dan keluarga selama menempuh perjalanan. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi diakibatkan sistem pengereman yang tidak bekerja dengan maksimal. Jauh hari sebelum mudik, periksa terlebih dulu kondisi kampas rem mobil, masaih layak digunakan atau tidak. Jika sudah tidak layak, maka segeralah ganti dengan yang baru. Jangan lupa untuk menyetel ulang dan lakukan pembersihan agar sistem pengereman bekerja lebih maksimal.

Periksa Mesin dan Radiator Mobil
Radiator dan meisn merupakan kompenen selanjutnya yang wajib anda periksa. Cooling sistem dan bagian kaki-kaki mobil harus diperiksa, tujuanya agar perjalanan anda aman dan nyaman.

Cek Kilometer Mobil
Jangan lupa pula untuk mengecek kilometer pada mobil anda. Jika kilometer menunjukan angka yang hampir masuk ke jadwal servis, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk segera di servis dan dilakukan penggantian oli mesin maupun sparepart lain yang perlu di ganti.

Periksa Aki Mobil
Komponen terakhir yang harus anda periksa adalah aki mobil. Anda bisa memeriksanya menggunakan battery checker untuk mengetahui kondisi aki seperti apa. Jika hasil pengecekan menunjukan recharge, segera recharge aki tersebut agar tidak mogok di tengah jalan.

Itulah ke empat komponen mobil yang wajib anda periksa sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *