Perlengkapan Masak Saat Berkemah Yang Wajib Dibawah

Saat masih SD saya merupakan salah satu pecinta kegiatan kepramukaan, yang juga merupakan salah satu ekstra kulikuler disetiap sekolah. Jika masih duduk dibangku kelas 3 sampai 4 maka disebut dengan siaga, namun jika sudah kelas 5 – 6 maka disebut penggalang. Kegiatan pramuka memang sangat seru untuk dijalani, isi didalam kegiatan ini adalah adanya penjelajahan hutan, berkemah, pembelajaran sandi – sandi dan banyak lagi. Dari sekian banyak kegiatan, berkemah merupakan salah satu favorit saya. Nah pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit tutorial kepada anda yang mungkin anda sedang merencanakan liburan dengan berkemah ke hutan.

tenda berkemah

Sebelum anda melakukan kegiatan berkemah, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan dengan matang supaya kebutuhan yang anda butuhkan nanti benar-benar sudah lengkap. Hal inio sangat perlu dilakukan mengingat jika anda memilih lokasi hutan, maka anda akan membutuhkan perjalanan jauh untuk mencari kelengkapan yang kurang. Contoh hal mendasar yang wajib dibawah adalah perlengkapan memasak, kenapa bisa demikian? Masak adalah salah satu faktor utama saat berkemah dihutan atau lainnya. Selain makan sebagai kebutuhan pokok kita, dengan memasak sendiri maka akan memunculkan rasa hidup mandiri jika suatu saat kita membutuhkannya. Lalu bagaimana dengan orang yang awam tentang masak ? Berikut ini adalah list peralatan yang wajib anda bawah saat berkemah :

Panci

Ini adalah alat yang nantinya akan anda gunakan untuk menanak nasi maupun air, berhubung di tempat kemah jauh dari listrik maka anda tidak dapat menggunakan magicom yang tinggal colok aja.

Kompor

Ada panci tapi tidak ada kompornya juga tidak akan masak, kecuali anda mau membuat perapian dahulu

Wajan

Alat ini bisa digunakan untuk menggoreng dan juga memasak mie instan yang ingin ditambah bumbunya

Sotel

Alat yang digunakan untuk membolak balikan makanan yang digoreng nanti

Entong

Jika nasi sudah matang dan ingin makan, maka gunakan alat ini untuk mengambil nasi dari dalam panci.

Cobek dan Uleg

Dua alat ini yang digunakan untuk menghancurkan bumbu yang digunakan buat masak

Diatas adalah sebagian kecil peralatan mendasar yang perlu dipersiapkan dulu sebelum berkemah, banyak tambahan lain yang juga tak kalah pentingnya untuk disiapkan. Namun untuk saat ini saya rasa informasi ini sudah lebih dari cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *