Mengenal tanaman dong quai besarta manfaatnya

Dong quai atau bisa diartikan sebagai pulih kembali merupakan tanaman obat yang sudah terkenal di Tiongkok, tanaman ini telah lama dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Menurut informasinya tanaman ini biasa tumbuh di ketinggian seperti gunung, atau bukit dengan suhu udara yang dingin dan lembab. Tanaman dengan nama ilmiah Angelica sinensis ini merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan seledri.

Menurut peneliti pada tanaman dong quai yang memiliki manfaat adalah pada bagian akarnya, akarnya sama seperti akar ginseng yang dapat menggelembung, serta mimiliki warna coklat kekuningan. Pada bagian akarnya ini memiliki beberapa senyawa yang bermanfaat seperti minyak atsiri, osthole, psoralen, angelol, angelicone, asam ferulic, asam suksinat, dan asam nikotinat.

Dengan beberapa senyawa tersebut, diketahui bahwa dong quai bermanfaat untuk meringankan beberapa kondisi kesehatan, diantara adalah sebagai berikut:

1. Menyeimbangkan hormon

Tanaman dengan nama ilmiah Angelica sinensis ini sudah lama dipercaya mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan hormonal bagi bagi kaum wanita. Akar dari tanaman dong quai memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan hormone estrogen sehingga dapat membuat sistem tubuh bekerja secara optimal.

2. Meringankan masalah datang bulan

Ginseng untuk wanita, itulah sebutan dari dong quick. Hal tersebut beralaskan karena akar dari tanaman ini sering kali digunakan untuk ramuan masalah datang bulan ataupun menopause pada seorang wanita, karena kandungan antispasmodi pada dong quai dapat membantu meringankan rasa nyeri atau kram saat datang bulan.

3. Bersifat menenangkan

Tahukah anda bahwa senyawa yang terkandung pada dong qui dapat mengatur sistem hormonal dalam tubuh, dangan begitu dapat mengurangi stress serta dapat menenangkan pikiran.

4. Mengatasi ejakulasi dini

Menggunakan ekstrak akar dong qui yang sudah diramu dan dicampurkan pada krim, lalu dioleskan pada organ intim pria dipercaya bekhasiat mengurangi sensitivitas organ intim pria, sehingga dapat menunda ejakulasi dini. Khasiat atau cara kerja bahan alami ini sama seperti produk Foredi atau hajar jahanam yang mengurangi sensitivitas, sehingga dapat bertahan lebih lama.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Salah satu kandungan dong quai adalah zat besi, dimana jika dikonsumsi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah tubuh kita. Zat besi merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, untuk itu akar dari tanaman ini sangat baik untuk penderita anemia.

Meskipun manfaat dong quai begitu banyak, ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu sebelum mengkonsumsinya. Dan pastikan jika anda mengkonsumsi produk ekstrak dong quai yang sudah dikemas dalam kapsul, pastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar oleh BPOM RI, dan ikutilah petunjuk mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *