mengenal batu permata topaz

Batu permata yang akan kita bahas di artikel ini adalah sejenis batu topaz. Batu yang terdiri dari aluminium oksida dan asam silikat.

Nah, batu topaz ini menjadi salah satu batuan yang paling sulit karena memiliki nilai kekerasan yang mencapai angka 8 Mohs hard shell. Angka tersebut menempatkan batu topaz pada urutan keempat dari semua permata lainnya setelah berlian, korundum dan chrysoberyl.

batu topaz

Di negara Indonesia sendiri ada begitu banyak nama yang bisa disebut batu topaz ini. Ada yang menyebutnya batu daud, ruby ​​cempaka dan ada juga yang menyebutnya selong batu. Ada satu hal yang menjadi kelemahan dari cincin topaz batu permata ini.

Meski batu ini adalah salah satu batu yang sangat keras, namun bila batu tersebut terkena pukulan keras atau mengalami perbedaan suhu ekstrim, batu topaz ini bisa rusak atau retak. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki cincin permata topaz, mereka harus sepenuhnya melindungi terhadap perubahan suhu atau dampak kerasnya.

london blue topaz Orang-orang di masa lalu berpikir bahwa topaz ini berwarna kuning. Namun belakangan ini diketahui bahwa batu topaz memiliki warna yang sangat berbeda. Dimulai dengan coklat (smoky topaz), pink, ungu dan biru.

Bahkan ada beberapa jenis batu topaz yang tidak berwarna atau transparan dan memiliki banyak warna pada satu batu (two-tone). Jenis batu topaz yang paling sering diburu pada manusia, bagaimanapun, adalah batu topaz berwarna biru, merah keemasan atau oranye.

Dan jika Anda ingin membeli batu topaz dengan harga lebih rendah, maka carilah batu topaz yang berwarna biru muda.

Topaz permata cincin gemuk super biasanya memberi kilau yang sangat terang, kristalnya jernih dan saat batu topaz tersentuh, rasanya akan terasa mulus.

Keunikan batu ini adalah jika Anda mencoba menggosok batu ini dengan keras, maka bisa mengeluarkan percikan atau listrik statis di batu.

Keaslian Batu Topaz
Batu topaz berkualitas ini cukup mahal dan jika anda takut tertipu oleh batu topaz palsu, ada beberapa tip yang harus anda lakukan. Beli cairan bromoform dari apotek dan kemudian coba untuk merendam topaz pada cairan bromoform.

Nah, jika topaz terendam, itu berarti batu topaz yang kamu beli itu asli. Sebaliknya, ketika batu itu mengapung, itu berarti batu topaz itu palsu. Selain batu topaz, cairan bromoform ini biasanya juga digunakan untuk menguji keaslian batu permata aquamarine. Saat batu aquamarine melayang, maka batu aslinya. Tapi kalau ditenggelamkan, maka batu itu palsu.

Dan cara termudah untuk mengecek keaslian batu topaz dan melakukan yang terbaik adalah dengan membawa batu mulia seperti IGL ASIA, yang sudah tidak asing lagi sejak tahun 1979, ke laboratorium untuk mendapatkan laporan singkat tentang identifikasi batu permata.

Batu Topaz ditambang secara luas di Brasil. Sebenarnya, salah satu negara bagian Brasil menjadi produsen topaz top dunia. Terletak di Minas Gerais. Distrik Ouro Preto yang berusia 300 tahun di Brasil adalah produsen topeng kuning, merah muda dan oranye terbesar di dunia.

Negara-negara selain Brasil adalah Amerika Serikat, Meksiko, Rusia, Australia, Jerman, Pakistan, Sri Lanka dan Myanmar. Batu yang kerap menjadi batu di cincin permata ini biasanya tidak ditemukan dalam bentuk kristal kecil, namun berbentuk kristal besar dengan berat kilo.

Harga Batu Topaz
Biasanya batu topaz yang paling banyak di gemari adalah biru tua tapi dengan cahaya yang berkedip-kedip dan menarik. Batu topaz dengan warna biru ke biru gelap harganya bervariasi Rp. 100.000 sampai Rp. 2.000.000 per karat, bahkan untuk topaz dengan kualitas kecantikan yang lebih baik bisa mencapai puluhan juta per karat.

referensi : www.minerals.net , jual batu akik online terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *