Kenapa jika digigit lintah tidak merasakan sakit?

Pertanyaan diatas sering kali saya jumpai pada beberapa forum didunia Maya, kenapa jika digigit lintah tidak merasakan sakit. Maka dari itu pada artikel ini saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat supaya dapat menjawab pertanyaan diatas.

Secara logika jika ada mkhluk hidup yang menggigit makhluk hidup lain pasti yang digigit akan merasakan sakit, kalaupun tidak sakit pasti ada rasa lain yang dirasakannya, contohnya saja rasa gatal jika digigit nyamuk. Bayangkan saja, nyamuk yang mempunyai ukuran tubuh kecil saja bila menggigit akan menimbulkan rasa gatal pada makhluk hidup yang digigitnya. Lantas kenapa jika lintah yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dan mempunyai gigi gigi kecil dengan jumlah yang mencapai ratusan justru tidak menimbulkan rasa sakit pada makhluk hidup yang digigitnya.

 

Pertama tama mari ketahui dulu bahwa Lintah adalah hewan dari kelas Hirudinea, yaitu hewan yang memiliki kandungan hirudin pada ludahnya. Selain mempunyai kandungan zat hirudin hewan dalam filum Annelida ini juga mempunyai berbagai kandungan senyawa lain yang terdapat pada minyak lintah dan juga pada air liurnya yang mempunyai fungsi berbeda beda, dan salah satunya adalah zat hyaluronidase. Hyaluronidase sendiri merupakan suatu zat yang berfungsi sebagai anastesi lokal, yaitu zat berfungsi menghilangkan rasa sakit pada area yang didgigit oleh lintah.

Perlu ada ketahui bahwa lintah sebelum menggigit mangsanya atau sebelum menggigit seseorang dia akan mengeluarkan zat hyaluronidase tersebut sebagai anastesi lokal, sehingga seseorang yang didigit lintah tidak akan merasakan sakit. Kemudian hewan kecil ini mulai menggigit dengan gigi tajamnya yang berjumlah lebih dari 80 buah, lalu lintah akan mengeluarkan zat hirudin dan histamin yang berfungsi sebagai pengembang pembuluh darah serta melancarkan aliran darah sehingga dengan mudah dapat menghisap darah mangsanya. Dan setelah keyang maka lintah akan melepaskan gigitannya dan mengeluarkan zat kolagen serta trhombin yang berfungsi untuk mempercepat darah membeku sehingga luka cepat sembuh.

Beberapa kejadian mengenai seseorang yang digigit lintah biasanya sering dijumpai pada seseorang yang sering melakukan pendakian gunung, sering juga dialami oleh seseorang yang mencari ikan disungai sungai. Biasanya mereka tidak merasakan sakit dan tahu tahu ada bekas gigitan dan sedikit keluar darah, itu semua dikarenakan lintah memilki anestesi lokal yaitu zat hyaluronidase yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Cukup sekian, semoga informasi diatas dapat memberikan jawaban bagi siapa saja yang sering bertanya kenapa jika digigit lintah tidak merasakan sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *