Ini Dia Motif-motif Batik Cirebon Populer yang Bisa Dijumpai di Pasaran

Penggemar batik yang kian meningkat membuat berbagai macam koleksi atau motif terbaru ditampilkan ke pasaran, agaknya motif batik di Indonesia sendiri dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satu diantaranya adalah jika melihat dari asal daerah pembuatannya, di Indonesia cukup banyak kota-kota yang asli memproduksi batiknya sendiri, salah satu diantaranya adalah batik Cirebon. Namanya tentu tak begitu asing lagi bagi Anda, selain batik tulis dan juga cetak, maka mereka juga menampilkan koleksi busana-busana yang sudah dirancang dari kain tersebut.

 Ini Dia Motif-motif Batik Cirebon Populer yang Bisa Dijumpai di Pasaran

Batik asal daerah Cirebon ini tidak sulit untuk dijumpai di pasaran, karena umumnya selain dijual secara langsung di tempat pengerajinnya, maka banyak juga toko-toko online yang menjualnya, sehingga jika Anda memang tengah ingin membelinya bisa mendapatkan secara mudah tanpa harus datang ke daerahnya, tentunya akan lebih hemat biaya transportasinya bukan. Sama halnya dengan kota atau daerah-daerah lain yang memiliki ciri khas berbeda pada batik buatannya, begitu juga dengan batik keluaran Cirebon ini.

 

Diantara satu hal yang bisa dilihat secara jelas adalah dari segi motif batik Cirebon ini sendiri, ada bisa secara mudah melihat atau menemukannya di pasaran, berikut ini diantara beberapa motif khas batik yang berasal dari Cirebon, diantaranya:

 

  1. Mega mendung, batik yang satu ini tentunya tak begitu asing lagi bagi Anda, meskipun terkadang ditawarkan dalam pilihan warna yang berbeda-beda, namun dari segi motif atau tampilannya tetap sama, yaitu ada motif awan, awan ini memiliki bentuk kecil dan juga besar, ada filosofi di balik batik yang satu ini, diantaranya adalah lahirnya dari batik-batik khas Cirebon. Sehingga sering kali di buku-buku mengenai batik dari daerah tersebut, pada bagian covernya selalu gambar mega mendung.
  2. Batik sawat pengantin, dari segi namanya sendiri mungkin tak begitu asing lagi dengan makna yang terkandung di dalamnya, yaitu ditujukan untuk para pasangan yang akan menikah. Mengandung makna agar nantinya pernikahan tersebut bisa tetap langgeng sampai usia yang memisahkan, motif ini juga tergolong cukup artistik dengan balutan warna mewah agak keemasan.
  3. Batik paksinagan liman, motifnya unik yaitu sebuah kereta kencana, didominasi dengan 2 warna besar yaitu putih dan coklat, batik ini sebenarnya menggambarkan sebuah cerita daerah yang berarti kekuatan atau simbol dari kekuatan dari kerajaan Cirebon pada kala itu.
  4. Motif patran keris, ini adalah motif yang cukup unik, klasik dan dulunya banyak dipesan oleh orang-orang Jepang ketika menjajah bangsa Indonesia, dengan tujuan adalah digunakan untuk membuat kimono, sehingga sampai sekarang batik ini lebih identik dengan pakaian kimono.
  5. Motif singa payung, motif yang satu ini adalah sebuah cerita, mengisahkan tentang keraton kanoman kala itu. Gambarnya adalah singa dan juga payung dengan desain yang sangat artistik, sehingga dari segi harganya sendiri memang agak mahal.
  6. Motif singa baring, motif lainnya yang juga tak kalah populer dan melambangkan sebuah kekuatan atau kerja keras adalah singa barong. Yaitu terdapat gambar kereta yang ditarik oleh empat ekor kerbau.

 

Masih banyak diantara motif-motif batik Cirebon yang lainnya, tak perlu datang ke daerah tersebut hanya untuk membelinya, karena di pasaran sendiri juga dijual dengan sangat banyak. Berdasarkan maksa yang ada di dalam setiap motif tersebut agaknya Anda jangan sampai salah dalam memilih, mana yang tepat sesuai acara yang akan dihadiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *