Cara dan bahan alami untuk mengatasi jerawat

Jerawat merupakan suatu masalah yang dapat terjadi pada area kulit, baik kulit wajah, leher, dada, punggung ataupun pada beberapa bagian kulit tubuh lainnya. Meskipun jerawat bukan merupakan suatu kondisi penyakit yang membahayakan namun keberadaanya dapat mengganggu penampilan sehingga tidak percaya diri. Jerawat bisa terjadi dibagian tubuh mana saja dengan ukuran yang beragam, ada yang ukurannya kecil ada juga yang ukuranya besar dan berisi nanah serta kista didalamnya.

Jerawat pasti dialami oleh semua orang dengan tingkat keparahan yang beragam, umumnya jerawat terjadi pada seseorang yang berusia 14 – 20 tahun. Selain itu ibu hamil dan wanita yang sedang datang bulan juga rentan terkena jerawat. Sebenarnya jerawatan akan hilang sendirinya seiring bertambahnya usia, namun kondisi yang ditimbulkan dari jerawat sangat mengganggu. Untuk itu kita perlu mengobatinya supaya jerawat segera sembuh dan tidak meninggalkan bekas. Dan berikut beberapa cara dan bahan alami yang dipercaya dapat meringankan kondisi jerawat serta menyembuhkannya.

1. Putih telur

Tahukah anda bahwa putih telur bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, putih telur dapat mengurangi peradangan serta mengatasi pori pori yang tersumbat. Selain itu putih telur juga dapat mengontrol minyak berlebih serta mengencangkan kulit, itu semua dikarenakan putih telur mengandung vitamin serta protein yang dapat menyehatkan kulit. Jika anda ingin mencobanya cukup mengoleskan putih telur pada area yang berjerawat.

2. Madu

Madu mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat, mulai dari protein sampai dengan berbagai vitamin. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga dipercaya dapat membantu masalah pada kulit, dan salah satunya adalah jerawat. Buatlah masker dengan madu dan dioleskan pada kulit anda yang berjerawat, biarkan hingga 15 menit kemudian cuci bersih dengan air hangat.
.
3. Teh hijau

Teh hijau juga terbukti efektif dalam menghilangkan jerawat, anda dapat menggunakan masker yang terbuat dari teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol dan zat anti oksidan yang dapat membantu mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan serta menghilangkan jerawat.

4. Mentimun

Mentimun juga dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, sifat dingin dari mentimun dapat membantu mengurangi pembengkakan kulit yang diakibatkan jerawat. Jika anda ingin mencobanya cukup dengan mengiris mentimun kemudian tempelkan pada area kulit yang berjerawat.

Cara cara diatas terbilang aman dan dapat anda lakukan sendiri di rumah, namun jika dengan bahan alami diatas belum memberikan hasil maksimal apalagi pada jerawat batu yang sulit untuk disembuhkan maka anda dapat mencoba cara lain. Salah satunya adalah dengan terapi sedot lintah, seperti yang dikutip dari alodokter.com bahwa terapi sedot lintah banyak manfaatnya. Karena lintah mengandung berbagai kandungan zat yang berguna untuk proses penyembuhan, salah satunya adalah hirudin dan thrombin.

Tidak hanya jerawat saja yang dapat disembuhkan dengan terapi sedot lintah, kondisi lain seperti bisul, herpes, bahkan luka yang diakibatkan oleh diabetes pun juga dapat diterapi dengan lintah. Lintah memang sudah sering digunakan untuk terapi pengobatan karena memiliki berbagai kandungan yang berguna pada air liurnya, selain itu minyak lintah yang dihasilkannya juga dapat digunakan untuk penyembuhan luka pada kulit agar bisa sembuh lebih cepat.

Penggunaan bahan bahan diatas untuk mengobati jerawat tentu harus dengan rutin dan teratur, karena jerawat tidak mudah hilang secara cepat. Namun jika dirasa penanganan diatas belum memberikan hasil yang baik, alangkah baiknya kita memeriksakan diri kedokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *