Budidaya Burung Anis Merah

Burung anis merah juga yang sering di sebut burung cacing atau anis mata, burung yang mempunyai nama latin Zoothera citrina saat ini menjadi sangat populer di kalangan para pecinta burung di indonesia entah itu di gunakan untuk lomba maupun di ternak. Anis merah memiliki suara yang sangat merdu dan dengan gayanya yang teler menarik perhatian untuk di lihat atau di dengar hingga banyak sekali peminatnya. Tak heran pemasaran burung anis merah sangat tinggi di pasaran, hampir semua pecinta burung pasti mempunyai koleksi burung anis merah. Harga anis merah mungkin bisa terbilang merogoh banyak kocek sebelum anda ingin membeli anis merah terlebih dahulu harus menyiapkan budget jutaan untuk mendapatkan anis merah dengan kualitas yang bagus.

myfriendlypets.com

Ada beberapa hal yang wajib di perhatikan sebelum memulai Langkah beternak anis merah, di antaranya :

Karakter anis merah

Amat peka serta perlu waktu agar bisa beradaptasi pada pergantian. perlakuan yang kasar, pergantian ornamen pada kandang serta pergantian situasi lingkungan yang mencolok, dapat bikin burung anis merah bisa jadi stress.

Pembosan serta senantiasa perlu situasi baru. jika ada di satu area dengan waktu yang relatif lama, maka burung ini jadi malas untuk berkicau lagi. coba dengan berkala senantiasa memindahkan area gantangannya. contohnya : sepanjang ini digantang di depan rumah, lantas digantang di samping rumah. ini adalah di antara misteri pada burung tersebut.

Birahi yang condong gampang naik. burung anis merah amat gampang naik birahinya, banyak pemicu yang bisa bikin naiknya birahi pada burung type ini. stelan ef ( extra fooding ) yang terlalu berlebih ( over ), penjemuran yang berlebih serta lihat burung anis merah lain, bisa dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.

Amat manja. nyaris rata-rata burung anis merah tak lagi akan bunyi serta tak lagi akan teler jika ia lihat orang yang sehari-hari merawatnya. dikarenakan burung tersebut dengan psikologis sudah berasumsi perawat atau pemiliknya sebagai pasangan. aneh memanglah, namun tersebut sebenarnya. umumnya pada saat kontes atau lomba pada burung kelas anis merah, joki yang menggantang burung serta joki lapangan yaitu orang yang tidak dulu terkait atau terlibat didalam perawatan harian pada burung tersebut.

Gampang jinak. dikarenakan karakter manjanya yang tinggi, maka burung ini gampang jinak pada perawat atau pemiliknya.

Memilih indukan anis merah

Berkelamin jantan, tanda-tanda burung anis merah berjenis kelamin jantan bisa dipandang dari postur tubuh yang panjang cocok, ekor lebih panjang, tulang belakang serta supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu di bawah paruh sisi bawah lebih pudar, mata besar melotot, wujud kepala semakin besar serta bergerak lincah.

Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung Anis Merah yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

Postur badan, pilihlah bahan Anis Merah yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat.Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.

Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.

Berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat. Boleh percaya boleh tidak, apabila anda mendapatkan bahan yang seperti ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan mulai teler.

Ukuran kandang ternak anis merah

Ukuran kandang panjang x lebar x tinggi minimal 90x90x180cm.

Buatkan kotak untuk sarang yang di dekatkan dengan pintu agar mudah untuk mengontrolnya.Wadah makan jangan sampai di rambati semut.

Beri tenggeran agar burung bisa bertengger bermain dalam sangkar.Buatkan ventilasi yang dekat dengan sinar matahari pagi.

Wadah air besar beri dalamnya kuali yang fungsinya untuk memelihara cacing dan sekaligus pakan anis merah.

Menjodohkan anis merahDekatkan terus anis merah jantan dan betina yang akan jodohkan.

Setelah sekitar seminggu, coba dimandikan bareng di karamba.

Jika masih tarung, berarti belum punya bakat berjodoh.

Kalau tidak tarung, coba jadikan dalam satu sangkar besar.Setelah itu bisa dipindahkan ke kandang penangkaran.

Makanan yang sesuai untuk anis merahVoer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Anis Merah. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.

Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya, karena buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.

EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Anis Merah yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.Perawatan anis merahJam 07.00wib. burung diangin-anginkan di teras. sampai jam 07.30wib.

Jam 07.30wib. burung dimandikan di keramba mandi atau semprot dengan spray yang halus dan lembut, bergantung pada rutinitas tiap-tiap burung.Berikanlah 2 ekor jangkrik pada cepuk EF. jangan sekali-sekali  memberi makan burung secara langsung.

Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam setiap hari, mulai jam 08.00wib. – 11.00wib. selama penjemuran, baiknya burung tidak lihat burung sejenis.Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lantas sangkar dikerodong.

Siang hari hingga sore hari  jam 11.00wib – 15.00wib burung bisa di master dengan suara master atau burung-burung master.

Jam 15.30wib burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan apabila butuh.

Berikanlah 1 ekor jangkrik pada cepuk EF.

Jam 18.00wib burung kembali dikerodong serta di perdengarkan suara master selama masa istirahat hingga pagi harinya.

Tips perawatan anis merah agar jadi juaraH-3

sebelum saat lomba, jangkrik dapat dinaikkan jadi 2 ekor pagi serta 2 ekor sore.H-2 sebelum saat lomba, burung baiknya dijemur optimal 30 menit saja.

1 jam sebelum saat di gantang lomba, burung di mandikan serta berikanlah jangkrik 1 ekor saja.

Jika burung dapat turun lomba kembali, berikanlah jangkrik 1 ekor lagi.

Janganlah berikan ulat hongkong saat menggenjot birahi pada burung anis merah. dikarenakan Bisa bikin birahi burung tersebut jadi amat meningkat serta jadi tidak stabil.

Baiknya, joki lapangan yaitu orang yang tidak dulu terlibat di dalam perawatan harian pada burung anis merah tersebut. Source: wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *