3 Objek Wisata di Kulonprogo Yang Wajib Dikunjungi

percutian jogja

Kabupaten Kulonprogo saat ini mulai mengejar ketertinggalan dari kabupaten-kabupaten lainnya di DI Yogyakarta. Kawasan sudah lama terkenal dengan tingkat kemiskinannya yang tinggi dan juga hanya menjadi kawasan yang tidak mampu mengembangkan potesnsinya.  Namun semuanya terlah berubah ketika pemerintah daerah mulai membenahi diri dan sadar akan potensi yang ada di kabupaten ini sehingga kawasan ini pun lambat laun mulai dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar daerah. Kulonprogo wajib berterima kasih kepada sektor pariwisata yang telah membuah kabupaten ini terkenal. Objek wisatanya yang indah dan alami yang ada di kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berikut penjelasannya kami mengenai tempat wisata yang terkenal di kawasan ini:

  1. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru adalah destinasi wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Kulonprogo. Desa wisata ini juga merupakan ikon pariwisata di Kulonprogo dan Jogja. Berkat Kalibiru  banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk berlibur. Mereka rela datang jauh-jauh untuk berfoto dan mengabadikan keindahan alam yang ada di tempat ini. Sebelum sepopuler sekarang, tempat ini dulunya hanya diketahui oleh sebagian orang. Peran media sosial dan juga berkembangnya pariwisata di Jogja dan sekitarnya membuat Kalibiru menjadi sangat terkenal. Di sini wisatawan dapat mengabadikan setiap momen mereka dengan berfoto di atas gardu yang disediakan dengan pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh yang luar biasa indahnya sebagai latarnya.

  1. Pantai Glagah

Jika Kabupaten Bantul punya Pantai Parangtritis maka Kulonprogo juga memiliki pantai yang sangat populer yaitu Pantai Glagah. Pantai ini merupakan pantai paling populer di Kulonprogo. Setiap hari banyak wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati keindahan di pantai ini. Glagah terkenal karena banyak sekali keunikan yang dapat ditemui saat berlibur di. Keunikan yang pertama adalah  adanya batuan pemecah ombak yang berderet di pantai. Keunikan berikutnya di pantai ini terdapat sebuah laguna air tawar yang bisa digunakan untuk kegiatan air seperti berkeliling dengan perahu nelayan atau naik becak air. Tidak hanya itu disini juga terdapat kebun buah naga, dan keunikan lainnya yang membuat wisatawan menyukai pantai ini.

  1. Hutan Mangrove Congot

Hutan Mangrove Congot merupakan destinasi wisata baru yang lokasinya berada didekat Pantai Glagah dan objek wisata inisangat disukai oleh para wisatawan. Di sini pengunjung dapat menyaksikan keunik dan keindah hutan mangrove yang  juga berfungsi sebagai penangkal abrasi pantai dan sebagai tempat hidup biak ikan. Wisatawan dapat berfoto dan mengabadikan setiap momen mereka saat berada di kawasan ini karena banyak tempat foto menarik di kasawan ini.

Demikian penjelasan mengenai objek wisata yang wajib dikunjungi saat wisata di Kulonprogo. Masih banyak destinasi wisata lainnya yang ada di kabupaten ini. Semoga info diatas bisa menambah referensi dan juga informasi bagi wisatawan yang ingin berwisata di Jogja. Jika tertarik datang ke objek wisata di atas bisa sewa bus percutian jogja jika datang dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *